Selasa, 10 Maret 2015

Diskusi Kelas ~ Menurutmu?

Pertanyaan Diskusi

1.      Anak laki-laki menunjukkan kreativitas yang lebih besar daripada anak perempuan terutama setelah berlalunya masa kanak-kanak?
2.       Anak dari kelompok sosial ekonomi yang lebih tinggi cenderung lebih kreatif daripada anak yang berasal dari sosial ekonomi yang rendah?
3.       Anak dari berbagai urutan kelahiran menunjukkan tingkat kreativitas yang berbeda?

Hasil Diskusi 

1.       Tidak. Setiap manusia, baik itu laki-laki maupun perempuan dilahirkan dengan potensi atau kemampuan diri yang berbeda-beda. Terlebih lagi lingkungan yang mereka tinggali masing-masing juga berbeda. Sudah jelas proses perkembangan diri manusia sudha berbeda, maka kreativitas setiap orang berbeda juga. Kreativitas seseorang bisa dihasilkan ataupun dipengaruhi oleh faktor genetik, faktor lingkungan, bahkan faktor internal & eksternal pribadi tersebut.
Mungkin anggapan anak laki-laki lebih kreatif daripada anak perempuan bisa dibilang tidak salah juga. Anak laki-laki cenderung melakukan atau “bermain” dengan hal-hal baru, yang lebih berani dan menantang. Sedangkan anak perempuan lebih memilih aktivitas yang biasa saja, menyenangkan, dan santai. Sehingga kreativitas pada diri anak perempuan kurang terpacu.
2.       Tidak juga. Tingkat ekonomi atau kekayaan dari suatu kelompok sosial bahkan dari seseorangpun, tidak akan berpengaruh pada kemampuan dan kreativitas seorang tersebut. Semakin kaya orang tersebut bukan berarti semakin kreatif pikirannya maupun tindakannya. Semakin miskin juga orang tersebut bukan berarti mereka tidak bisa berpikir atau bertindak kreatif. Kreativitas dihasilkan oleh kemampuan diri dalam mengasah potensi pribadi sendiri, bukan menjadikan tingkat kekayaan maupun status sosial sebagai tolak ukur kreativitas seseorang. Sebaliknya, ketika kita mampu menjadi seorang pribadi yang kreatif, sesungguhnya lah kita akan menjadi kaya. Kaya akan kreativitas dan inovasi yang lebih bermanfaat dan berguna bagi kehidupan orang lain. Jadi, tingkatan ekonomi atau kekayaan tidak mempengaruhi tingkat kreativitas seseorang. Karena kreativitas merupakan cara berpikir yang bebad dan bertanggung jawab tanpa dibebani oleh hambatan-hambatan yang berkaitan dengan ekonomi.
3.       Tidak. Urutan kelahiran tidak berpengaruh pada tingkat kreativitas seorang individu. Kreativitasnya memang berbeda, tapi bukan tingkat kreativitas antara kakak dan adik itu berbeda. Tingkat kreativitas mereka sama, entah ia lahir pertama atau kedua. Tetapi untuk kreativitas sendiri memang berbeda, karena kreativitas tercipta dari hasil gagasan pemikiran, minat & bakat, serta potensi-potensi yang ada pada diri seseorang yang unik atau berbeda dengan yang lain. Analoginya seperti ini, seorang kakak (urutan kelahiran pertama) memiliki tanggung jawab terhadap adiknya (baik itu tanggung jawab fisik maupun moral). Seorang adik (urutan kelahiran kedua) memiliki perasaan hormat dan bersikap meneladani hal-hal baik dari kakaknya. Disini dapat terlihat antara kakak dan adik mempunyai beban peran masing-masing satu sama lainnya. Beban peran tersebut tidak akan mmpengaruhi “tingkat kreativitas” antara kakak dan adik tersebut. Tingkat kreativitas mereka sejajar, sama sekali tak ada kaitan arau pengaruh dengan urutan kelahiran seseorang. Tingkat kreativitas tidak berarti lebih baik atau lebih tinggi dari tingkat kreativitas adik. Begitu juga sebaliknya.
*        Tingkat kreativitas kakak tidak lebih baik/lebih tinggi dari si adik meskipun kakak adalah seorang dengan urutan kelahiran pertama.
*       Semua kreativitas tergantung individunya sendiri. Sejauh dan sebesar mana keinginan serta usaha seorang tersebut untuk mengasah potensi dan kemampuan dirinya.
                                           
                                 #kelas Pengembangan Kreativitas dan Keterbakatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar