Kamis, 12 Januari 2017

Teratrik untuk bekerja pada divisi Marketing?

Marketing. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, marketing menjadi pemasaran. Apa itu pemasaran? Menurut Stanton (2001), pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Pemasaran kerap kali dikaitkan dengan sales atau penjualan. Jika strategi pemasarannya bagus, maka akan sangat berpengaruh pada tingkat penjualannya (menjadi meningkat). Maka itu, pada perusahaan, divisi marketing dan sales saling berhubungan dan saling membantu satu sama lain. Atau dalam beberapa perusahaan, 2 divisi tersebut digabung menjadi satu departemen.
Seseorang yang in-charge terhadap divisi marketing ini, baik itu level staff ataupun manager, akan memiliki nama jabatan (job title) sebagai Marketing Staff atau Marketing Manager di perusahaan. Marketing Staff dan Marketing Manager ini adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam merencanakan, mengontrol, dan mengkoordinir proses pemasaran untuk mengembangkan pasar secara efektif dan efisien sehingga produk yang ditawarkan dapat mencapai atau bahkan melebihi target penjualan (sales).
Marketing Staff atau Marketing Manager memiliki tugas-tugas sebagai berikut:
1.       Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dengan target yang ditentukan
2.       Menganalisa dan memberikan arah pengembangan design & warna, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar
Tertarik  untuk bekerja pada divisi marketing?

Ada beberapa spesifikasi yang harus kamu punya sebelum melamar ke suatu perusahaan untuk jabatan Marketing Staff ataupun Manager, sebagai berikut:
1.      Pria/Wanita usia maksimal 30 tahun
2.      Pendidikan minimal D3/S1 semua jurusan
3.      Memiliki pengalaman di bidang marketing selama 1 tahun atau lebih
4.      Mampu bekerja sendiri maupun kelompok (tim)
5.      Siap bekerja di bawah tekanan dan mencapai target
6.      Komunikatif, kreatif, bertanggung jawab 
7.      Berpenampilan menarik


Sumber : PortalHR.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar