Sabtu, 06 Desember 2014

Prosa 2 - Artikel Kebudayaan Luar Negeri



World’s Cultures – Traditional Clothing
Kemarin kita sudah membahas tentang kebudayaan atau tradisi-tradisi unik di Indonesia. Sekarang coba kita beralih ke kebudayaan luar negeri yang juga sangat beragam. Dan untuk sekarang, kita akan coba menjelajah dan menelusuri lebih dalam mengenai pakaian-pakaian tradisional dari negara-negara luar Indonesia. Yuk, kita review satu per satu!
1.       Kimono

Inilah salah satu baju tradisional paling terkenal di dunia. Namun kini bagi wanita di negara maju seperti Jepang yang tentu banyak beraktivitas, penggunaan kimono sudah sangat jarang dan hanya pada event-event tertentu saja seperti pesta dan hari raya. Kimono kini lebih digantikan dengan yukata yang lebih praktis.
2.      Sari
Pakaian tradisional ini juga pasti tak asing lagi. Berbeda dengan di Indonesia yang kaum wanitanya tak lagi pede berpakaian kebaya dalam kehidupan sehari-hari, wanita India justru sangat bangga dan memakai sari dalam setiap kesempatan.
3.       Qipao atau Cheongsam


Pakaian cheongsam atau ‘baju panjang’ yang selesa dan anggun juga sering dilihat hingga ke hari ini pada wanita di negara Cina. Lazimnya, cheongsam mempunyai leher yang tinggi, butang di bahagian bahu, bentuk yang sendat di pinggang dan belahan di kiri dan kanan kain. Pakaian ini selalunya diperbuat daripada kain sutera, satin dan lain-lain jenis kain lembut.
4.      Dinrdl
            Pakaian adat yang ada di Jerman ini namanya Dirndl. Biasa dipakai saat acara-acara tradisional, pementasan forkculture, festival, dan perayaan-perayaan tertentu. Unik sekali ya pakaian tradisional negara produsen mobil terbesar di dunia ini.
5.      Klederdracht

 
Baju adat tradisional Belanda namanya Klederdacht. Baju ini seringkali dijumpai di iklan-iklan produk asl kebanggaan atau yang ber-image Belanda. Ciri khas yang lebih spesifik dari Klederdacht adalah topu yang njekither aneh tapi lucu yang melengkapi kostumnya.
6.      Deel

Kaum Mongol yang berletak di negara Mongolia memiliki pakaian adat bernama Deel. Deel biasa dipadu-padankan dengan bulu-bulu hewan Utara, sehingga akan lebih terasa tebal dan hangat saat menghadapi musim dingin.
7.      Hanbok 


Yang satu ini pasti sudah sangat familiar kan di mata kita? Yang biasa terlihat di drama-drama Korea, tentu kita semua pernah menonton dan melihat para wanita Korea menggunakan pakaian satu ini. Terbuat dari kain sutra yang memiliki variasi warna dan pola menarik pada bagian tengah. Terlihat indah dan anggun.


Setelah mengulas pakaian-pakaian adat pada kebudayaan luar, apa kabar dengan pakaian tradisional Indonesia? Jelas tidak kalah bagusnya. Masing-masing pakaian memiliki daya pikat sendiri, keunikan yang khas, serta identitas bangsa yang berbeda. Yang harus kita lakukan, bukan mencari atau memilih pakaian mana yang lebih baik diantara semuanya, atau bahkan yang paling baik atas semuanya. Tetapi, kita harus tetap melestarikan pakaian adat kebudayaan negara kita sendiri, tanamkan rasa cinta dan bangga yang tulus di hati masing-masing ketika kita memakainya.

KEBAYA, pakaian tradisional khas Indonesia.


 Sumber :
http://cikguimah-lamborian.blogspot.com/2012/11/pakaian-traditional-kaum-cina-samfoo.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar